Pulut Kuning Warnai Festival “Missing Our Home Bread” di Rumania

  • Whatsapp
Pulut Kuning Warnai Festival “Missing Our Home Bread” di Rumania
Foto : Dalam festival penyambutan diaspora Rumania yang diselenggarakan di Museum Nasional Desa “Dimitrie Gusti" (Istimewa)

RUMANIA,AKUUPDATE.ID – Dalam festival penyambutan diaspora Rumania yang diselenggarakan di Museum Nasional Desa “Dimitrie Gusti”, Indonesia antara lain menyuguhkan pulut kuning yang adalah hidangan istimewa dalam masyarakat Melayu (08/09/2021). Sifat pulut kuning yang lengket menggambarkan hubungan akrab persaudaraan seperti hubungan dekat Indonesia dan Romania.

Indonesia merupakan satu-satunya perwakilan asing dari wilayah Asia Tenggara yang berpartisipasi aktif menyajikan berbagai kuliner khas negaranya. Selain pulut kuning, Indonesia juga menyajikan lemper dan bubur sumsum. Paviliun Indonesia yang bercorak nuansa Bali memberikan warna tersendiri dalam festival tersebut karena menampilkan jenis makanan pokok selain roti.

Bacaan Lainnya

akuupdate.id

Festival tersebut diselenggarakan untuk merayakan ‘the Month of Diaspora’ dan menyambut diaspora Rumania yang kembali ke negaranya. Secretary of State, Department for Romanians Abroad, Oana Ursache menyampaikan bahwa tema yang diusung tahun ini adalah ‘Missing Our Home Bread’. Dalam hal ini, pihak penyelenggara ingin mengenalkan berbagai jenis roti berbahan dasar gandum yang menjadi makanan pokok masyarakat Rumania. Rumania juga merupakan salah satu negara penghasil gandum terbesar di kawasan Uni Eropa.

Kesempatan tersebut dimanfaatkan oleh KBRI Bucharest untuk mempromosikan Indonesia kepada Rumania. Para pengunjung antusias untuk mencoba kuliner Indonesia dilihat dari ramainya pengunjung di Paviliun Indonesia, sehingga seluruh makanan yang disajikan habis sebelum pelaksanaan festival berakhir.

Dengan promosi kuliner nusantara secara intensif, diharapkan masyarakat Rumania dari berbagai kalangan semakin akrab dengan citra rasa Indonesia, yang pada akhirnya memudahkan upaya pembukaan restoran Indonesia di Rumania.

(Sumber: KBRI Bucharest)

Pos terkait