Atasi Pengangguran,Benny Rhamdani: Tangkap Peluang Kerja ke Luar Negeri

  • Whatsapp
Atasi Pengangguran,Benny Rhamdani: Tangkap Peluang Kerja ke Luar Negeri
Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Benny Rhamdani (Foto : Istimewa)

AKUUPDATE.ID,Bandung – Tangkap peluang kerja ke luar negeri, ini adalah solusi di mana angka pengangguran bertambah di masa pandemi Covid-19 sementara angkatan kerja cukup tinggi. Bekerja ke luar negeri adalah solusi, terlebih gajinya terbilang besar.

Hal ini diungkapkan Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Benny Rhamdani dalam kegiatan Sosialisasi Meraih Peluang Kerja ke Luar Negeri, di Desa Sukapura, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Sabtu (30/10).

Bacaan Lainnya

akuupdate.id

“Apalagi CPMI (Calon Pekerja Migran Indonesia) tidak perlu lagi khawatir soal biaya. Karena pemerintah telah bekerjasama dengan perbankan untuk memberikan uang sebagai modal bekerja ke luar negeri dengan bunga yang rendah, sehingga CPMI tidak perlu meminjam ke rentenir,” ujar Benny dihadapan 150 peserta sosialisasi yang terdiri dari tokoh masyarakat, Kepala Desa dan masyarakat sekitar Desa Sukapura.

Benny menjelaskan, negara ini baik. Tidak hanya menyiapkan modal bekerja bagi para CPMI. Namun, pemulangan PMI Terkendala yang berangkat secara tidak resmi juga tetap dibiayai oleh negara hingga ke daerah asal.

Benny juga mengapresiasi Pemerintah Daerah Jawa Barat yang telah berpihak kepada PMI. Hal ini ditunjukan dengan adanya Peraturan Daerah tentang Perlindungan PMI. Serta telah dialokasikannya anggaran pendidikan dan pelatihan bagi CPMI oleh Bupati Bandung.

“Political will sudah ada di Jawa Barat. Harapannya ini akan diikuti oleh para kepala daeraj lainnya di seluruh Indonesia, terutama kantong-kantong PMI,” imbuh Benny.

Benny bercerita bahwa Desa Sukapura ini adalah tanah kelahirannya. Untuk itu ia berharap masyarakat Desa Sukapura dapat memanfaatkan peluang kerja ke luar negeri. Jangan merasa hina menjadi PMI karena itu adalah pandangan yang salah dan keliru.

“PMI adalah pahlawan devisa yang harus mendapatkan penghormatan negara. Kebanyakan PMI yang berangkat secara resmi itu menjadi sukses saat kembali ke tanah air, bahkan memiliki usahanya sendiri,” kata Benny.

Untuk itu, lanjut Benny, BP2MI akan senantiasa memberikan pelindungan kepada PMI dari ujung rambut sampai ujung kaki sesuai perintah Presiden Jokowi, yang diterjemahkan melalui program-program BP2MI.

Sosialisasi Meraih Peluang Kerja ke Luar Negeri kemudian dilanjutkan di Kp. Andir Desa Pakutandang, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, Minggu (31/10). Kegiatan tersebut dihadiri oleh 150 peserta dari masyarakat sekitar Desa Pakutandang.**

Pos terkait